Progres Kampus Mengajar 5 SD Negeri 3 Sarirejo Minggu Ke-11
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Kegiatan
Kampus Mengajar Angkatan 5 di SD Negeri 3 Sarirejo telah memasuki minggu
kesebelas penugasan. Pada minggu kesebelas ini kegiatan yang saya lakukan
adalah ikut serta dalam upacara untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional,
mengikuti Jumat berkegiatan yang diisi oleh senam dan gotong royong
membersihkan lingkungan sekolah, mengajar di kelas 5, membantu Bu Sintya dalam
melakukan praktik eco print di kelas 4, serta membantu Pak Dani selaku proktor
sekolah untuk membuat soal simulasi untuk peserta lomba OSN.
Berdasarkan
situasi diatas, tugas yang saya lakukan adalah ikut serta dalam upacara untuk
memperingati Hari Pendidikan Nasional. Tugas saya dalam Jumat berkegiatan
adalah mengatur baris berbaris siswa untuk senam sekaligus memimpin senam.
Tugas lain
saya berdasarkan situasi sepekan ini adalah membantu mecarikan soal dan
menginput kedalam Google Form sebagai simulasi peserta lomba OSN. Sebelum
mencari dan menginput soal, saya diamanahi oleh Bu Hikmah untuk mengajar di
kelas 5 dari awal pembelajaran dimulai sampai istirahat pertama.
Aksi yang saya lakukan berdasarkan situasi sepekan ini
adalah ikut serta dalam upacara untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional.
Khusus untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, petugas upacara mengenakan
pakaian khusus yaitu celana atau rok putih, bersepatu hitam, mengenakan
selempang dan kupluk.
Kegiatan mengajar saya lakukan di kelas 5 dengan materi
“Makna Persatuan dan Kesatuan”. Metode pembelajaran yang saya gunakan masih
sama seperti minggu lalu yaitu metode Peer Teaching. Metode ini saya gunakan
lagi karena siswa kelas 5 sangat berperan aktif untuk belajar terutama dalam
berkelompok. Sebelum terbagi menjadi 4
kelompok, saya mengajak siswa untuk membaca buku paket. Buku paket dibacakan
satu orang, kemudian bergantian dengan siswa yang belum membaca dengan cara
saya pilih acak dan siswa lain mendengarkan satu siswa yang membaca. Setelah
membaca, buku paket ditutup kemudian saya ulas kembali yaitu dengan cara
membaca ulang “Makna persatuan adalah ….” Lalu siswa meneruskannya hingga
materi yang di tentukan selesai. Siswa kelas 5 terbagi atas 4 kelompok, setiap
satu kelompok harus mencari satu contoh dampak tidak adanya persatuan dan
kesatuan di lungkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Didiskusikan
pada teman satu kelompoknya dan memaparkan apa contoh dampak yang diambil
sekaligus mengajarkan kepada teman satu kelasnya terkait dampak tidak adanya persatuan
dan kesatuan tersebut. Setelah satu kelompok memaparkan dan mengajarkan apa
hasil diskusi kelompoknya, lalu kelompok lain boleh bertanya kepada kelompok
tersebut. Contoh satu pertanyaan siswa ke kelompok yang memaparkan yang paling
saya ingat adalah “Jika dalam lingkungan sekolah tidak ada rasa persatuan dan
kesatuan, lalu apa yang dapat kita lakukan?” lalu kelompok yang dituju menjawab
“Mulai dari diri sendiri dahulu untuk saling menghormati teman”. Setelah semua
kelompok sudah memaparkan hasil diskusinya serta terdapat pertanyaan yang
ditujukan kepada kelompok lain, tugas saya adalah mengulas kembali materi serta
membenarkan jika dalam diskusi tersebut ada yang kurang benar.
Setelah mengajar, saya melanjutkan untuk mengerjakan
amanah dari Pak Dani yaitu mencari soal sesuai silabus OSN dan dimasukkan dalam
google form untuk keperluan simulasi lomba OSN kepada peserta lomba. Terdapat 2
bidang yaitu matematika dan IPA, Soal yang dicari yaitu Matematika 20 soal dan
IPA 20 soal. Dalam situasi ini saya dibantu oleh Bu Sintya karena saya mendapat
amanah juga dari Bu Hikmah untuk mengajar di kelas 5.
Jumat berkegiatan rutin dilakukan setiap Jumat, minggu
kesebelas ini Jumat Berkegiatan dilaksanakan dengan senam dan membersihkan
lingkungan sekolah. Pada saat senam, saya ikut serta dalam memimpin senam
bersama Bu Sintya dan Bu Ferianti. Senam yang diambil yaitu senam pinguin,
senam kewer kewer, senam Kendal hebat, senam konservasi Unnes. Kegiatan gotong
royong membersihkan lingkungan sekolah dilakukan oleh semua warga sekolah, saya
mendampingi kelas 5 dan mengarahkan untuk membantu membersihkan rumput yang ada
di depan kelas dan di samping ruang kegiatan, murid lain kelas 5 membantu
membersihkan dalam dan luar kelas, serta tanaman di depan kelas masing – masing
juga disiram.
Aksi lain yang saya lakukan yaitu membantu Bu Sintya
dalam melaksanakan praktik untuk membuat kerajinan eco print. Kerajinan eco
print membutuhkan bahan totebag, daun, bunga, plastik, dan batu yang datar.
Hasil dari kerajinan eco print ini adalah totebag polos yang sebagai bahan
dasar terdapat motif daun dan bunga yang di tertempel di totebag. Saya membantu
untuk mengarahkan bagaimana langkah – langkah membuat kerajinan tersebut,
apabila siswa terdapat kesulitan saya siap untuk membantu.
Hasil yang
diperoleh berdasarkan aksi yang sudah saya lakukan pada minggu ini adalah :
1. 1. Terlaksananya
dengan tertib dan khidmat kegiatan upacara untuk memperingati Hari Pendidikan
Nasional.
2. Jumat
berkegiatan yang dilaksanakan yaitu senam dan gotong royong untuk membersihkan
lingkungan sekolah.
3. Membantu
membuat soal simulasi untuk peserta lomba OSN Matematika dan IPA sesuai dengan
silabus OSN.
4. Terciptanya
sebuah karya kerajinan dari kelas 4, yaitu eco print “Totebag bermotif”.
5. Kegiatan
pembelajaran yang ada di kelas 5, materi “Makna Persatuan dan Kesatuan” dapat
tersampaikan dengan baik kepada siswa kelas 5.
Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila masih terdapat kesalahan dan tutur kata yang kurang berkenan. Terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Cermati STAR dari KM 5. Kemudian masukkan ke Laporan Anda. Apakah sesuai petunjuk? apakah kesalahan Anda merupakan kesengajaan, agar saya jengkel? Maaf, saya merasa tidak cocok dengan laporan Pak Huda. Sepertinya, bapak memang tidak pernah membaca penilaian saya ya.
BalasHapus