Progres Minggu Keenam Kampus Mengajar 5 SD Negeri 3 Sarirejo

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat bagi kita untuk memperbanyak amal baik, baik berupa ibadah langsung kepada Allah SWT maupun kegiatan yang bernilai sosial. Bulan Ramadhan bukan hanya sebagai wahana refleksi diri dan realisasi diri, tetapi juga waktu yang paling tepat untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap sesama.

            Kami Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 yang berada di SD Negeri 3 Sarirejo pada minggu ke-6 ini mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan untuk melengkapi kegiatan selama bulan puasa di sekolah. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang masuk kedalalam program kerja kami yaitu perayaan hari - hari besar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat nilai-nilai religi dan mengembangkan nilai-nilai karakter siswa. 



            Kegiatan Pesantren Ramadhan dilakukan 5 hari dalam seminggu, berurutan dari kelas 1 hari senin hingga kelas 5 pada hari jumat, kelas 6 belum bisa ikut Pesantren Ramadhan dikarenakaan pemadatan materi untuk ujian kelak. Setiap satu mahasiswa mempunyai tugas untuk menyusun acara pada kelas yang ia bantu. Tugas saya adalah menyusun kegiatan dan memimpin jalannya kegiatan Pesantren Ramdahan pada kelas 5 yaitu pada hari jumat, selain hari jumat saya membantu teman - teman untuk mengisi Pesantren Ramadhan pada kelasnya masing - masing.

 


            Kegiatan Pesantren Ramadhan ini dilakukan dengan susunan acara yang berbeda – beda dikarenakan tidak efektif jika misalkan kelas 1 langsung mengaji, jadi dilakukan sesuai kemampuan siswa. Pada saat kelas 5 mendapat giliran untuk Pesantren Ramadhan, saya menyusun acara sebagai berikut :

1.      Membaca Asmaul Husna

Dibaca setiap pagi sebelum pelajaran dumulai, jadi sebelum dilakukannya Pesantren Ramadhan juga tetap dilakukan kegiatan tersebut.

2.      Praktik Sholat Subuh (dengan menggunakan doa qunut)

Praktik Sholat Subuh dilakukan karena dari saya memilih untuk 2 rokaat saja yang terpenting bacaan dan gerakan sholat yang dilakukan oleh siswa bisa terlaksana dengan benar dan tepat.

3.      Setoran hafalan 5 surah pendek

Sebelum di lakukannya setoran, saya sudah mengumumkan di kelas 5 bahwa nanti saat Pesantren Ramadhan di kelas 5 harus hafal minimal 5 surah pendek dan bisa setor hafalannya ke mahasiswa kampus mengajar yang bertugas. Hafalan 5 surah pendek ini saya terapkan sehingga bertahap untuk minggu selanjutnya harus sudah bisa menghafal 10 surah pendek.

4.      Mengaji

Setelah setoran hafalan, mengaji adalah kegiatan selanjutnya dilakukan. Setiap siswa berbaris dengan 5 baris dan bergantian satu per satu untuk mengaji dengan guru ngajinya adalah 5 mahasiswa dikarenakan harus terdapat pembenaran yang dilakukan terhadap siswa apabila salah dalam megaji.

5.      Menonton film cerita Nabi Ibrahim (siswa meringkasnya di buku literasi)

Setelah dilakukannya kegiatan yang lumayan padat yaitu di akhiri dengan sedikit refreshing untuk menonton film cerita Nabi Ibrahim, tetapi siswa tetap harus meringkasnya di buku. LCD Proyektor merupakan alat yang di gunakan untuk menonton, serta ada tambahan sound kecil untuk memperkeras suara agar semua siswa dapat mendengarnya.


         Hasil dari kegiatan Pesantren Ramadhan ini adalah seperti tujuan di awal yaitu untuk memperkuat nilai-nilai religi dan mengembangkan nilai-nilai karakter siswa. Pesantren Ramadhan ini dilakukan di mushola SD sehingga siswa semakin bersemangat untuk memperdalam kegiatan religi seperti mengaji dll pada saat Pesantren Ramadhan.


Komentar

  1. Assalamu'alaikum warrohmatullohi Wabararokatuh.
    Oke, Pak Huda. Laporan Anda makin bagus. Nanti saya akan berikan komentar seusai dari Masjid ya. Sekarang saya akan kirimkan, laporan dan komentar saya pada Ibu, Bapak di blog mereka (teman-teman di SD Sarirejo). Sementara itu bisa dijadikan rujukan untuk perbaikan selanjutnya.

    Oke, nanti saya akan kembali ke sini.

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum Warrohmatullohi Wabarrokatuh,
    Pak Huda, bahkan setelah berselang, dan pada Anda sekalian saya kirimkan blog Ibu, Bapak Guru KM 5 di SD Negeri Tegalsari, Laporan Anda ini tidak Anda perbaiki. Bagaimana?
    Maaf ya, apakah sebenarnya ini merupakan protes atau gerakan menunjukkan ketidaksukaan secara massif terhadap DPL?

    Saya hanya menjalankan tugas. Setiap tugas yang dipercayakan kepada saya, selalu saya upayakan saya laksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Itulah sebabnya, di antaranya selain mengoreksi Laporan Anda ke Web, saya juga meminta Anda menulis Laporan di blog, dan itu saya cermati. Saya berharap, sebagai Mahasiswa KM 5 yang sedang PPL dengan Program andalan Perbaikan Kualitas Pendidikan melalui Upaya Peningkatan Mutu Kemampuan Literasi dan Numerasi, Anda sekalian juga memiliki kemampuan Literasi dan Numerasi lebih dulu secara memadahi.

    Oke, silakan saling baca laporan blog.
    Terima kasih. Salam.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Progres Kampus Mengajar SD Negeri 3 Sarirejo Minggu Ke-9

Progres Minggu Keempat Kampus Mengajar Angkatan 5 SD Negeri 3 Sarirejo

Progres Kampus Mengajar 5 SD Negeri 3 Sarirejo Minggu Ke-10