Progres Minggu Kedelapan Kampus Mengajar 5 di SD Negeri 3 Sarirejo
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Kampus Mengajar Angkatan 5 di
SD Negeri 3 Sarirejo telah memasuki
minggu kedelapan penugasan. Dalam seminggu ini, kegiatan belajar mengajar
berjalan seesuai jadwal seperti biasanya. Saya mengajar sekitar 30 menit di
kelas 5 pada hari Jumat tanggal 14 April 2023, karena saat itu Ibu Hikmah wali
kelas 5 sedang ada urusan lain.
Kegiatan peningkatan literasi dan numerasi juga masih berjalan sesuai jadwal. Literasi dan numerasi juga disisipkan pada kegiatan belajar mengajar di kelas dan tidak mengambil alih jam pelajaran tertentu untuk menisi peningkatan literasi dan numerasi.
Pada hari Jumat tanggal 14 April 2023, siswa kelas 5 (Fairel, Airin, dan Poppy) yang telah ditunjuk untuk ikut serta dalam lomba nyanyi bahasa inggris berjudul “Hello Song” telah melakukan perekaman video nyanyi lagu tersebut beserta gerakannya.
Hari Kamis tanggal 13 April 2023, telah dilakukan lomba festival ramadhan diantaranya adalah mewarnai, menggambar, pidato, adzan, dan LCC.
Dalam minggu ini juga menghasilkan mading dengan hiasan – hiasan bertema ramadhan. Menempelkan dan menghias mading dilakukan di perpustakaan, serta dilakukan juga pembersihan perpustakaan dengan menyapu dan mengepel lantai serta pembersihan debu pada rak dan lemari dalam perpustakaan.
![]() |
Buku bacaan literasi |
![]() |
Buku bacaan literasi |
Tugas saya pada saat mengajar
kelas 5 adalah membantu Ibu Hikmah untuk melanjutkan materi yang sudah
disampaikan sebelumnya, saya melanjutkan materi tersebut hingga jam istirahat
kedua tiba.
Tugas lain yang saya lakukan adalah mengisi upaya peningkatan literasi dan numerasi pada kelas 5, siswa kelas 5 semakin bersemangat dalam hal literasi dan numerasi, bahkan pada kelas 5 sudah mempunyai buku khusus untuk mencatat kegiatan literasi dan numerasi.
Dalam hal lomba menyanyi lagu bahasa inggris beserta terdapat gerakan di dalamnya, saya berpartisipasi untuk mengajar peserta lomba (Fairel, Airin, dan Poppy). Pada saat rekaman, saya bertugas untuk merekam mereka serta mengedit hasil dari rekaman itu.
Tugas saya dalam lomba festival ramadhan adalah koordinasi kepada Kepala Sekolah terkait perencanannya dan koordinasi kepada Bapak Ibu Guru yang dipilih sebagai juri. Tugas saya pada saat lomba festival ramadhan berlangsung adalah mendampingi Pak Dani dan Bu Rani sebagai juri lomba adzan dan lomba pidato.
Pada minggu kedelapan ini saya juga berpartisipasi dalam pembuatan konten mading. Tema mading minggu ini ada tiga yaitu Keragaman Budaya, Agama, dan Hebatnya Teknologi.
![]() |
Lomba LCC |
![]() |
Lomba Adzan |
![]() |
Lomba Mewarnai |
Aksi yang saya lakukan dalam kegiatan mengajar di kelas 5 adalah saya melanjutkan materi yang Bu Hikmah sampaikan yaitu campuran homogen dan heterogen, dan ciri – ciri campuran. Saya memberi masing – masing campuran satu contoh yaitu campuran homogen (zat atau campuran yang tercampur merata setelah di campurkan adalah air sirop) dan campuran heterogen (zat atau campuran yang tercampur tidak merata setelah di campurkan adalah air kopi). Setelah saya memberikan contoh masing – masing campuran lalu saya menanyakan kepada semua siswa kelas 5 “apa contoh lain masing – masing campuran?”. Salah satu murid bernama Fairel menjawab “contoh campuran heterogen adalah air dan minyak pak!” lalu saya tanyakan lagi “mengapa air dan minyak disebut campuran heterogen?” setelah itu siswa lain bernama Alika menjawab “betul pak, saya pernah mencampur air dan minyak ke dalam gelas dengan hasil air berada di bawah dan minyak berada di atas”. Sungguh luar biasa ketika kegiatan belajar mengajar lalu materi yang ada sudah pernah ditemui dalam kehidupan sehari – hari. Setelah itu saya menjelaskan bahwa air dan minyak tidak bisa bercampur karena sifat molekulnya yang berbeda. Molekul air adalah molekul polar, artinya salah satu ujung molekul memiliki muatan positif dan ujung lainnya memiliki muatan negatif sehingga air dan minyak termasuk dalam campuran heterogen. Pada saat mengajar saya lebih fokus pada siswa, sehingga siswa lebih paham ketika siswa lebih aktif dalam menjawab pertanyaan, bertanya, dan berdiskusi dengan teman.
Aksi pada peningkatan literasi yang saya lakukan di kelas 5 adalah saya
mengambil satu buku bacaan di perpustakaan yang berjudul “Peninggalam Sejarah
di Indonesia” saya bacakan dan setelah siswa menyimak apa saja yang saya
bacakan lalu mereka menulis apa yang telah mereka dapat setelah mendengarkan
saya membacakan buku tersebut di buku khusus literasi dan numerasi. Cara lain
yang saya lakukan adalah saya mengambil buku yang berjumlah sesuai dengan siswa
kelas 5 lalu saya bagi buku tersebut satu per satu hingga semua mendapat bagian.
Setelah selesai membaca saya menanyakan ke siswa secara acak apa yang mereka
barusan baca yaitu judul dan halam yang ia baca, karena waktu literasi hanya 15
menit sebelum pelajaran di mulai maka saya hanya bisa menanyakan pada 4 siswa
yaitu Faizal yang membaca buku “Sejarah Hukum Indonesia”, Viona membaca “Dampak
Narkoba bagi Kesehatan”, “Andik membaca “Sejarah Indonesia”, Tiffany membabca
“Pengaruh Globalisasi”.
![]() |
Proses Literasi |
Aksi yang saya lakukan dalam upaya numerisasi adalah menyelipkan sedikit game sebelum istirahat berakhir pada saat saya mengajar di kelas 5. Game tersebut adalah “Permainan kelipatan angka”, semua siswa berdiri dan urut dari yang paling kanan depan hingga paling kiri belakang yang masing masing menyebutkan satu angka dari 1 – 100 dan kelipatan angka yang dimainkan adalah 3 yang berarti angkanya adalah 3,6,9 hingga 99. Setiap siswa yang kebagian dalam menyebutkan angka kelipatan 3 harus menyebutkan angkanya dengan mengangkat tangan dan selain itu siswa yang menyebutkan angka tidak kelipatan 3 maka menyebutkan dengan biasa. Game ini sangat seru untuk dilakukan di kelas 5, semua siswa aktif dalam menyebutkan angkanya dan merasa senang jika bagiannya menyebutkan angka benar apakah akan mengangkat tangan atau tidak.
Lomba menyanyi bahasa inggris dengan gerakan di beritahukan kepada kami oleh Bapak Kepala Sekolah pada hari Senin tangal 10 April 2023. Pada saat pulang sekolah langsung saya seleksi siswa yang bisa bernyanyi bahasa inggris dengan baik sehingga mendapatkan Fairel, Airin dan Poppy. Saya mengajari bagaimana cara membaca bahasa inggris yang tepat sehingga pengucapan pada saat bernyanyi bisa lebih baik. Senin – Kamis setelah pulang sekolah saya mengajarkan cara bernyanyi dan menyesuaikan dengan gerakannya. Setelah itu untuk hari Jumat, saya merekam ketiga siswa tersebut dikarenakan lomba ini diadakan secara online dan hanya mengirimkan video saja. Setelah saya merekam, saya mengedit semua video hasil rekaman tersebut. Pengeditan saya lakukan karena video tersebut memiliki konsep bernyanyi tetap dengan gerakan akan tetapi terdapat pada 3 tempat yang berbeda – beda, sehingga saya samakan nada, suara, serta gerakan dari ketiga video tersebut. Hari ini pengeditan sudah selesai dan saya kirimkan kepada Bu Utami wali kelas 1 untuk diteruskan kepada panitia lomba.
![]() |
Latihan Menyanyi Bahasa Inggris |
![]() |
Latihan Menyanyi Bahasa Inggris |
Aksi yang saya lakukan setelah berkoordinasi di awal yaitu membuat dan mencari hadiah untuk pemenang lomba adzan dan pidato serta membungkus hadiah tersebut. Pada saat lomba berlangsung, saya membantu Pak Dhani dalam hal penilaian serta mengkondisikan peserta lomba adzan, begitupun juga saat lomba pidato saya mendampingi Bu Rani dan dan membantu penilaiannya. Pengumuman juara lomba untuk kelas 1 dan 2 dilakukan lebih awal karena lomba yang lain belum selesai dan orang tua siswa sudah banyak yang menunggu untuk menjemput, dan pengumuman juara lomba untuk kelas 3,4, dan 5 dilakukan secara serentak di halaman sekolah.
![]() |
Pemberian Hadiah |
Pembuatan konten mading telah dilakukan dengan menempelkan mading yang di buat kelas 5 dengan tema Keragaman Budaya, Agama, dan Hebatnya Teknologi. Siswa kelas 5 di bagi mejadi 3 kelompok, dan masing – masing kelompok mendapatkan 1 tema mading. Saya juga berpartisipasi dalam mengeprint hiasan mading dan menempelkannya ke kardus dan mengguntingnya sesuai dengan pola gambar hiasan tersebut lalu saya tempelkan ke madingnya. Setelah pembuatan konten mading selesai lalu dilakukan dilakukan juga pembersihan perpustakaan dengan menyapu dan mengepel lantai serta pembersihan debu pada rak dan lemari dalam perpustakaan. Penataan buku yang tertumpuk di atas kursi juga sudah kami masukkan kedalam kardus dan rapi.
![]() |
Pembuatan Konten Mading |
Hasil yang diperoleh dari aksi
yang saya lakukan adalah:
- Peningkatan
Literasi siswa kelas 5, siswa mendapatkan pengetahuan baru dengan membaca buku
yang baru di baca dan mengerti apa yang dibaca.
- Peningkatan
Numerasi siswa kelas 5, dengan cara bermain game siswa sangat senang dalam
meningkatkan kemampuan numerasi.
- Terlaksananya
kegiatan lomba festival ramadhan yang diikuti oleh siswa kelas 1-6 sehingga
meningkatkan semangat berkompetitif.
- Konten mading dan
hiasan mading telah dibuat, sehingga seluruh siswa dapat melihat konten apa
yang ditampilkan di mading.
- Lomba menyanyi bahasa inggris dengan gerakan telah dilakukan oleh siswa kelas 5 yaitu Fairel, Airin dan Poppy yang videonya sudah diedit dan diserahkan kepada panitia lomba.
Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila masih terdapat kesalahan dan tutur kata yang kurang berkenan. Terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Lo ini yang dilaporkan yg mana? kamis ketika saya datang, Mading belum terisi. Perpustakaan juga masih semrawut. Penyelenggaraan lomba yang mengambil waktu jam PBM tidak ada koordinasi sebelumnya. Mulai dari KS sampai Guru-gurunya kaged.
BalasHapusApakah yang dilaporkan ke KM juga seperti ini?Saya tidak melihat perencanaan pengelolaan Mading yang baik. Temanya apa minggu ini, isinya apa saja, siapa yang mengisi., dll.
Maaf bu, sebenarnya kami sudah menentukan untuk kelas 5 yang mengisi mading sebelum Ibu datang ke sekolah. Tapi setelah hari itu kami langsung menempelkan hasil mading dari kelas 5 yang sudah di buat, kemudian untuk temanya ada 3 yaitu Keragaman Budaya, Agama, dan Hebatnya Teknologi. Kemudian perpustakaan yang semrawut juga sudah kami tata. Koordinasi sudah saya lakukan ke Bapak Kepala sekolah tapi memang belum untuk yang guru selain juri.
HapusBelum bisa mengoreksi Web. jaringan error
BalasHapus