Progres Minggu Keempat Kampus Mengajar Angkatan 5 SD Negeri 3 Sarirejo
Metode pembelajaran yang saya gunakan untuk mengajar pada minggu ini adalah metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi. Metode ceramah saya terapkan dengan cara menerangkan materi dengan lisan kepada siswa, namun terdapat kekurangan metode ini yaitu siswa yang pasif bertanya dan diskusi karena saya yang selalu memberikan materi secara lisan. Oleh karena itu saya gabungkan dengan metode tanya jawab yaitu dengan memberikan sedikit pertanyaan kepada siswa untuk mengulangi apa yang sudah saya jelaskan dan saya membuka pertanyaan untuk siswa sehingga siswa bebas bertanya kepada saya terkait materi yang di pelajari. Saya menggabungkan dengan metode diskusi karena menurut saya ada beberapa siswa yang merasa kurang berani untuk bertanya langsung kepada saya, oleh karena itu metode diskusi ini cocok untuk siswa yang kurang berani bertanya langsung atau malu dengan saya, sehingga bahan dari diskusi itu bisa di diskusikan dengan teman sebangku untuk saya konfirmasi apakah diskusi yang dilakukan menghasilkan kebenaran atau masih ada yang perlu di jelaskan. Numerasi saya terapkan juga di kelas 5 dikarenakan saya sering sekali mengajar matematika, sehingga saya dapat dengan mudah untuk memancing numerasi siswa dengan contoh berhitung, mengurutkan sesuatu, menyelesaikan soal cerita matematika dan lain – lain.
Pelaksanaan pembinaan terhadap siswa yang akan maju dalam lomba OSN dilaksankan rutin juga dikarenakan untuk materi yang di ujikan pada OSN adalah materi yang sudah di pelajari dan materi yang belum pernah diajarkan. Saya membantu dalam penyeleksian siswa yang akan maju dan memberikan beberapa soal – soal OSN tahun lalu. Soal tahun lalu adalah materi yang cocok di pelajari sehingga kita bisa menebak materi apa yang di ujikan berdasarkan soal – soal yang saya cari beberapa tahun lalu.
Pelaksanaan adaptasi teknologi dilakukan dengan cara siswa belajar
di 4 laptop dengan bergantian 4 per 4. Setiap anak akan mendapatkan
giliran dan tadi saya dan teman – teman mengajarkan bagaimana cara untuk
menghidupkan dan mematikan komputer, memahami fungsi ikon/tombol/menu yang ada,
mengetik, bahkan mencari informasi di google maupun youtube.
Hasil dari GLS yang diterapkan di SD Negeri 3 Sarirejo cukup menunjukkan kemajuan siswa, sedikit demi sedikit mereka dapat mengerti apa yang mereka baca dan bisa memaknai suatu bacaan. Harapan dari saya adalah meningkatnya pemahaman terhadap suatu bacaan dan minat membaca semakin tinggi dengan hadirnya KM5 di SD 3 Sarirejo. Pemberian jam tambahan juga sangat efektif, terbukti dengan beberapa siswa yang semulanya belum bisa membaca sekarang sudah mulai terbiasa membaca walaupun bertahap dan siswa yang semulanya belum bisa meulis huruf abjad A-Z sekarang sudah bisa. Metode pembelajaran yang dilakukan saya rasa cukup maksimal untuk siswa dalam hal penerimaan materi, tetapi perlu dilakukan tindak lanjut untuk menambahkan atau mempraktikkan metode pembelajaran baru agar siswa tidak bosan ketika mendapat materi tetapi metode pembelajaran itu – itu saja, berikutnya saya akan mencoba metode pembelajaran baru untuk di terapkan. Terkait persiapan lomba OSN, terdapat 2 cabang atau bagian dalam lomba yaitu matematika dan ipa. Dalam penyeleksian baru di dapatkan 1 orang untuk Matematika dan 4 orang untuk IPA. Minggu depan akan diadakan seleksi lanjutan dikarenakan yang maju nantinya hanya 1 siswa untuk bidang matematika dan 1 siswa yang maju untuk bidang IPA. Adaptasi teknologi terlaksana dengan baik karena siswa sudah mengerti apa yang kami ajarkan dan langsung mempraktikkannya. Masih terdapat beberapa yang harus kami kerjakan yaitu mengaktifkan mading, memikirkan teknis acara bulan ramadan dan lain – lain. Dengan adanya kehadiran DPL ( Ibu Dra. Hadi Riwayati Utami, M.Hum.) yang setiap 2 minggu sekali berkunjung sangat membantu sekali bagi kami untuk menciptakan SD Negeri 3 Sarirejo menjadi SD yang nyaman, bersih, unggul, dan berprestasi serta tidak lupa dan yang paling penting dengan tujuan Kampus Mengajar yaitu meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa.
Terimakasih sudah membaca sob!
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Assalamu'alaikum, Pak Huda, Blog.mu kali ini ditujukan pada DPL KM 5. Bukan kepada sobatmu Utami! So, bahasanya ya harus formal. Nah di luar laporan, Anda tetap harus berusaha bisa/sempat menulis di Blog. Setidaknya supaya apa yang Anda lakukan dalam rangka peningkatan Literasi dan Numerasi di SD Negeri 3 Sarirejo bisa diinfokan.
BalasHapusTerima kasih telah berusaha memenuhi harapan saya, menulis di Blog. Di waktu senggang Anda bisa membuka kembali tulisan Anda sekaligus membaca komentar. Penting untuk Anda koreksi terhadap tata tulis Anda: di sini, di sana, ke sini ke sana; diterapkan, dilakukan, dijelaskan, ketertiban, dsb.
Metode kok ceramah, tanya jawab, diskusi. Kuno! Coba praktikan metode yang lebih kekininian. Learning by doing: Problem Based Learning, Reading aloud, Project based Learning, dsb. Setidaknya STAD, Jig Saw, dsb.
jangan banyak mengarang, di Perpustakaan tidak saya temukan jejak sama sekali. Lap Komputer dihidupkan. Jangan biarkan fasilitas Pemerintah itu, rusak nganggur dan berdebu. Salah besar, Anda menggunakan Lap Top pribadi! Baik hati tidak seperti itu.
Oke, terima kasih. Salam. Wassalamu'alaikum.,